Sabtu, 24 September 2011

Gunung Berapi paling berbahaya didunia

Gunung berapi umumnya ditemukan di lempeng tektonik divergen atau konvergen, dan letusan gunung berapi adalah salah satu bencana yang paling mengerikan. Berikut ini adalah 10 besar gunung berapi paling berbahaya di dunia,. 10. Mauna Loa Volcano, Hawaii

Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di dunia (volume dan area), dengan volume lava mencapai sekitar 18.000 kilometer kubik. Mauna Loa adalah salah satu dari lima gunung yang membentuk Pulau Hawaii. Meskipun Mauna Loa bukanlah gunung tertinggi, tetapi letusannya adalah yang paling berbahaya, hal ini karena isi dari lava gunung ini terdiri banyak cairan yang dapat menyebabkan kebakaran yang serius. terakhir meletus pada tanggal 15 April 1984.
 

9. Taal Volcano, Philippines
Taal Volcano adalah kompleks gunung berapi di pulau Luzon di Filipina.Gunung ini terdiri dari sebuah pulau di Danau Taal, yang terletak di dalam kaldera terbentuk oleh letusan sebelumnya yang sangat kuat (proses ini mirip dengan danau Toba).
Taal Volcano terletak sekitar 50 km (31 mil) dari ibukota, Manila. Gunung ini telah meletus beberapa kali, membawa salah satu letusan paling kuat pada tahun 1991 yang menewaskan lebih dari seribu jiwa.
8. Ulawun Volcano, Papua New Guinea


Ulawun adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Papua New Guinea dan salah satu yang paling berbahaya. Gunung ini terletak di Papua New Guinea, Bismarck .

Gunung meletus beberapa kali , salah satu letusan terkuat adalah pada tahun 1980, dimana Ulawun keluar abu sampai dengan 60 000 kaki tingginya dan menghasilkan aliran piroklastik yang melanda semua sisi gunung.
7. Nyiragongo Volcano, Congo
nyiragongo adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Afrika, gunung ini selalu mengungkapkan aktivitas secara signifikan. Sejak 1882, ia telah meletus sedikitnya 34 kali. Salah satu letusan terburuk adalah di tangga 17 September 2002, ketika lava mengalir menuruni lereng Nyiragongo mencakup sekitar 40% dari kota Goma dan menyebabkan hampir 120 000 orang kehilangan tempat tinggal.
6. Gunun Merapi, Indonesia

Gunung Merapi adalah gunung api berbentuk kerucut yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia.Ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan telah meletus secara berkala sejak 1548. Gunung ini telah aktif sejak 10 000 tahun yang lalu.

Sebagian besar letusan Gunung Merapi yang melibatkan runtuhnya kubah lava terus mengalir di bawah . Dan kadang-kadang sering disertai dengan asap panas (wedhus gembel) yang cepat dapat mencapai 120 km per jam.
5. Gunung Galeras, Colombia

gunung berapi Galeras telah aktif selama setidaknya satu juta tahun. Terletak dekat perbatasan Kolombia dengan Ekuador selatan. Gunung ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Kolombia. Gunung ini telah meletus hampir setiap tahun sejak 2000.

Hal ini berbahaya karena frekuensi letusan tak terduga. Hal ini bisa mengakibatkan letusan lahar panas sejauh 3,5 km turun ke lereng Gunung Galeras. Letusan terakhir adalah pada tanggal 3 Januari 2010, dan memaksa pemerintah untuk mengevakuasi 8.000 orang.
4. Sakurajima Volcano, Jepang

Sakurajima adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, gunung ini terletak di Pulau Kyushu Jepang.Intensitas letusan adalah salah satu yang tertinggi di Jepang dan bahkan dunia. bahkan 7300 letusan tercatat dalam 45 tahun terakhir.
Salah satu letusan mengerikan terjadi pada tanggal 10 Maret 2009 dimana gunung ini melemparkan batu dan komposisi gunung lainnya sampai dua mil jauhnya.
3.Popocatepetl Volcano, Mexico

Popocatepetl adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak pada ketinggian 5.426 meter di atas permukaan laut. tercatat ada 20 letusan sejak 1519. Ledakan itu sangat kuat, karena dapat melepaskan abu vulkanik dalam radius yang cukup jauh.

Bahkan sejak Desember 1994 terjadi pada kegiatan ini gunung berbahaya terus menerus, sampai akhirnya letusan besar terjadi pada tahun 2000 yang merupakan letusan terbesar Gunung Popocatepetl dalam sejarah yang pernah diabadikan.
2. Vesuvius Volcano, Italy Gunung Vesuvius, Italia

Gunung Vesuvius adalah gunung api strato di Teluk Napoli, Italia, sekitar sembilan mil sebelah timur Napoli. Gunung Vesuvius adalah gunung berapi hanya di daratan Eropa telah meletus dalam seratus tahun terakhir.

letusan terkenal Gunung Vesuvius pada tahun 79 yang menyebabkan penghancuran kota-kota Romawi Pompeii dan Herculaneum.

Gunung ini bisa meletus setiap saat, danmengancam sekitar 3 juta orang yang tinggal di sekitar gunung berapi Vesuvius. Letusan dan semburan lava dapat sangat tinggi, bahkan pada tanggal 22 Maret 1994, mencapai 1000 meter.
1. ellowstone Super-volcano, Amerika Serikat

Yellowstone adalah gunung paling berbahaya di dunia. ledakan oleh bebatuan dan komposisinya bisa menembak sampai 1000 kilometer dari gunung . letusan gunung berapi lava dan abu gunung ini cukup untuk mengancam kepunahan spesies dan bahkan dapat menjadi salah satu penyebab bencana massa, karena sekali gunung ini meletus, akan menyebabkan semua aktivitas gunung berapi lainnya mengalami getaran tektonik besar dan bisa memicu ledakan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar