Rabu, 02 November 2011

definisi mobile forensik

Perangkat mobile – Ponsel, BlacBerry, Android, iPad – ada di mana-mana.Biasanya orang-orang menggunakanya untuk mengambil foto, mengirim pesan danemail, update Facebook, mencari keterangan lewat peta, mencari di web –mendaftarkan yang terjadi. Bagaimanapun semua kegiatan yang mereka lakukan ini,perangkat mobile mereka secara diam-diam akan membuat catatan dan menghasilkanbukti dari kegiatan tersebut. Untuk lebih baiknya atau yang buruk, hal inimembuat perangkat mobile mungkin menjadi sumber terkaya dari bukti-buktitentang orang-orang yang menggunakannya. Bagaimanapun, untuk memperoleh dan menggunakan bukti ini, dapat memberikanbeberapa tantangan. Sama seperti perangkat mobile itu sendiri, prosesmemperoleh bukti pada perangkat mobile, serta hukum yang terkait, terusberubah.Gambaran umum dari Teknologi perangkat mobile :
Cara terbaik untuk berpikir tentang forensik perangkat mobile adalah kontrasdengan “standar” komputer pribadi berbasis forensik. Dalam PC-berbasis forensik,contoh untuk pendekatan fisiknya adalah menghapus hard drive dari computer,membuat dan memverifikasi bit-untuk bit dari cermin sebuah gambar, danmenganalisi gambar itu menggunakan perangkat lunak (software) forensic. Karenasebagian besar PC menggunakan system operasi Windows atau Mac, maka teknikforensik dan perangkat lunak umumnya berkembang dengan baik dan kuat.
Contoh ini tidak cukup bekerja untuk perangkat mobile, setidaknya belum.Masalah utamanya adalah karena industri perangkat mobile masih relative mudah,banyak sistem operasi yang berbeda, protocol komunikasi, dan metode penyimpanandata yang sedang digunakan, dan masih banyak lagi yang terus di kembangkansetiap hari. Berikut adalah ikhtisar singkat :

Sistem Operasi:
Sistem operasi windows telah mendominasi pasar komputer pribadi selamabertahun-tahun. Sementara Apple Mac OS terobosan baru akhir-akhir ini, olehsebab itu wajar jika sistem operasi PC ini cukup matang dan stabil di pasar.Hal yang sama tidak berlaku untuk perangkat mobile. Banyaknya sistem operasiyang digunakan, termasuk Apple IOS, Google Android, RIM BlackBerry OS,Microsoft Windows Mobile, WebOS HP, Nokia Symbian OS, dan banyak lainnya.Keragaman ini menciptakan tantangan untuk pengembangan perangkat lunakforensik, dan untuk forensik perangkat mobile pada umumnya.
Protokol komunikasi:
komunikasi utama perangkat mobile melalui tiga teknologi berikut ini :
Seluler, WiFi, dan Bluetooth. Komunikasi seluler melibatkan teknologi inimembagi sebuah daerah dengan layanan geografis yang besar ke daerah yang lebihkecil yang disebut sel. Setiap sel berisi perangkat komunikasi, biasanya padasebuah menara yang mentransmisikan sinyal radio ke dan dari perangkat mobile.Teknologi transmisi yang digunakan untuk komunikasi, diantaranya GSM, CDMA,GPRS, EV-DO, EDGE, DECT, TDMA dan iDEN.
WiFi sama seperti seluler, yaitu mentransmisikan komunikasi denganmenggunakan gelombang radio, tetapi menggunakan frekuensi yang lebih tinggi danumumnya jauh lebih cepat. Perjalanan komunikasi WiFi dari perangkat mobile ketitik akses nirkabel, kira-kira dengan modem/router decode komunikasi dankemudian meneruskannya sampai ke internet. Titik akses harus dalam jarakrelatif sebuah fisik (biasanya sekitar 100 kaki atau kurang) ke perangkatmobile untuk menerima sinyal WiFi-nya.
Bluetooth adalah komunikasi nirkabel, tetapi tujuannya agak berbeda dariselular atau WiFi. Bluetooth dirancang untuk memungkinkan berbagai perangkatyang secara fisik dekat satu sama lain (umumnya kurang dari 30 kaki). Dengankata lain, Bluetooth dapat mengaktifkan iPhone anda untuk berkomunikasi secaraotomatis dengan audio headset, atau iPad anda untuk berkomunikasi secaraotomatis dengan keyboard eksternal anda.


Forensic Tool Testing :
Program pengujian ini telah dipertimbangkan oleh berbagai organisasi.
Pengujian alat itu penting dari sisi teknologi informasi (IT), untuk memastikanperangkat lunak dan keras beroperasi seperti yang diharapkan. Institute ofElectrical and Electronics Engineers (IEEE) telah menetapkan standar sejaktahun 1993 untuk pengujian alat. Organisasi internasional untuk standarisasidan komisi elektronik (ISO/IEC) mendirikan persyaratan umum untuk pengujiankompetensi dan pencocokan laboratorium (ISO/IEC 17025) pada tahun 1999(“Methodology pengujian umum”,2001).
NIST merupakan alat penguji komputer forensik (CFTT), maksud yang benar dariprogram ini adalah prespektif teknis. NIST menetapkan beberapa persyaratan umumuntuk pengujian alat, yaitu :
1. Menetapkan kategori dan syarat forensik
2. Mengidentifikasi persyaratan untuk kategori tertentu
3. Mengembangkan uji pernyataan berdasarkan persyaratan
4. Mengembangkan uji kode untuk pernyataan
5. Mengidentifikasi uji kasus yang relevan
6. Mengembangkan pengujian metode dan prosedur
7. Laporan hasil uji



Part 2 Njoo David Christian
Part 3 Yoga Lesmana
Part 4 Agus Tri Wijiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar