Rabu, 30 November 2011

Kelebihan melakukan ROOT pada hp Android

nah pada artikel kali ini saya bakal sedikit menjelaskan apa yang sudah saya pelajari dari para master android dan hasil oprek oprek,yaitu kelebihan melakukan root pada hp android
 
yang pasti kita punya hak akses yang paling tinggi (superuser) yang bisa mengotak-atik file system; jika kita salah edit/hapus file atau sembarangan install app (yang support untuk root user dan kita tidak tahu apa kegunaannya) maka bisa jadi system handphone akan rusak/error. Seperti: handphone jadi nge hang, bootloping (nge restart terus) walaupun sudah di hard reset lewat recovery mode, sering force close, dan lain-lain. Untuk itu, perlu bagi kita browse / cari-cari postingan yang valid dan jelas, paling tidak sudah di testing oleh pembuat posting. Biasanya jika terjadi kendala dengan file system yang rusak, hal yang bisa dilakukan adalah install (flashing) ulang.Kekurangannya memang hanya seperti itu dan sedikit beresiko (poin 2 – tapi hal itu dapat di cegah), oleh karena itu banyak pengguna Android yang melakukan rooting pada handphone Android miliknya. (termasuk saya, hehe.. :D .)
Berikut ini manfaat atau kelebihan-kelebihan yang di dapat jika handphone Android sudah di root:
1. Bisa melakukan full backup + restore app2 yang terinstall di handphone (pake app Titanium Backup). Sehingga jika suatu saat ada trouble dengan handphone (biasanya solusinya di hard reset), maka app2 yang sudah ada sebelumnya dapat dikembalikan (restore) seperti semula.
Sebuah app / aplikasi yang terinstall di handphone android, akan menyimpan 2 file yaitu file .apk dan file data. Handphone android standar (tidak di root) hanya dapat melakukan backup file .apk saja. Jika kita ada trouble dengan handphone, maka yang bisa dikembalikan / restore hanyalah .apk saja dan kehilangan file data. Oleh karena itu, misal kita sudah maen game Angry Bird yang sudah mencapai level atas, maka kita akan mengulang lagi dari awal. Ngeselin bukan??? Tapi jika handphone Android sudah di root, ini bukanlah masalah, karena file data nya dapat dikembalikan.
2. Bisa menginstall app2 apa saja (app non root dan root user). Nah kemampuan inilah yang menjadikan handphone android root user menjadi lebih istimewa. Diantaranya app2 yang banyak di install oleh pengguna android root user:
a. A2SDGUI : digunakan untuk menambah memori internal handphone (seakan-akan), seperti kita ketahui bahwa kapasitas memori internal handphone terutama Galaxy Mini sangat kecil, yaitu hanya 180MB. Untuk install 4 game2 besar dan app2 standar (kira-kira ada 50 app) itu sudah penuh. Nah dengan A2SDGUI ini, yang memanfaatkan microSD sebagai memori internal tambahan. Masalah tersebut dapat diatasi. Mau install 200 app, monggo… Sangat bisa! Tapi untuk menggunakan app ini, tidak sembarangan! Ada petunjuk / caranya, yang pasti agak ribet dan njlumit. Kalo saya mah mending sekalian aja install custom ROM. :D
b. AdFree : digunakan untuk menghilangkan iklan2 yang ada di suatu aplikasi, terutama app2 yang FREE. Rasanya jengkel kan, sewaktu asyik2 maen game ada iklan kotak persegi panjang nongol. Sangat mengganggu mata. Solusinya sebenarnya gampang yaitu install app yang berbayar, pasti gak ada iklan. Tapi kalau harus menginstall semua app yang berbayar, KeRe…!!! So, pake app AdFree ini aja >> solved!
c. Battery Calibrator : digunakan untuk kalibrasi baterai. Jika baterai dirasa terlalu cepat habis / boros, pake app ini lumayanlah jadi lebih irit dikit. Pastinya dengan penggunaan yang sama (normal seperti pemakaian biasanya).
d. Better Terminal Emulator : digunakan untuk melakukan perintah-perintah teks (command line / cmd kayak di windows). Bagi pengguna linux, pastinya gak asing dengan ini, karena perintah-perintahnya sama.
e. Font Changer : digunakan untuk mengganti font standar dengan font2 yang kamu senangi.
f. Titanium Backup : seperti pada ulasan di atas yaitu digunakan untuk melakukan backup applikasi.
g. dan lain-lain. Banyak banget lah pokoknya. Kapan2 akan saya posting satu per satu app2 nya.
3. Bisa ganti bootanimation, pastinya pengen lah waktu awal2 ngidupin handphone gak melulu logo samsung aja yang muncul. Contoh bootanimation.
4. Bisa ganti tema, status bar, icon battery, popup, window, dan lain-lain. Gantinya bisa offline atau online lewat UOT Kitchen.
5. Bisa tweaking like this. (advanced user)

sekian dulu artikel dari saya,kurang lebihnya mohon maaf karna masih tahap pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar